Pages

Thursday, September 6, 2018

Pelajar SMKN 56 Jakarta Utara, Raih Medali di ASEAN WordlSkills Bangkok

JAKARTA – Murid dari SMKN 56 Jakarta Utara, berhasil menyabet penghargaan medali perunggu di bidang Makatronik dan perak di bidang Robotik, dalam ajang lomba ASEAN WordlSkills di IMPACT Muang Thong Thani, Bangkok, Thailand pada 30 Agustus – 4 September 2018, kemarin.

Mewakili Indonesia dalam kancah Internasional, para pelajar tersebut juga sebelumnya ikut bertanding dalam ajang lomba WordlSkills Abu Dhabi, di Abu Dhabi Nasional Exhibition Center, Uni Emirat.

Humas SMAN 56 Jakarta Utara, Bambang Muhadi, mengatakan, keberhasilan anak didiknya di ajang lomba internasional itu bukan satu kebetulan. “Mereka ini memang memiliki keahlian minat tinggi dalam hal Makatronik dan Robotik,” ucapnya, Kamis (6/9/2018).

Menurutnya, ASEAN Skills Competition merupakan acara pendidikan vokasi terbesar di Asia Tenggara. “Indonesia sendiri satu dari 10 negara anggota yang mengirimkan perwakilan untuk berbagai macam bidang dilombakan. Salah satu penilaian dilakukan dari pencapaian standar kualitas internasional,” jelasnya.

Sementara itu, Makatronik salah satu bidang yang dilombakan merupakan penggabungan ilmu mesin mekanik dan elektronika yang dihubungkan dengan teknologi informatika. Bidang lomba mekatronika, menjadi fokus dari para murid di negara maju karena meliputi kombinasi beberapa bidang ilmu keteknikan.

“Bukan cuma itu saja, skill ini juga merupakan bagian yang sangat menunjang Industri 4.0 sebagaimana dicetuskan pertama kali oleh Jerman, yang kemudian menjadi tema utama pada pertemuan World Economic Forum (WEF) 2016 di Davos, Swiss,” jelasnya. (deny/mb)

Let's block ads! (Why?)

http://poskotanews.com/2018/09/06/pelajar-smkn-56-jakarta-utara-raih-medali-di-asean-wordlskills-bangkok/

No comments:

Post a Comment