Pages

Sunday, September 23, 2018

Pendukung Jokowi Bikin SBY Walk Out, Fadli Zon: Saya Kira Kampungan-lah

JAKARTA – Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon, sebut aksi pendukung pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-KH. Ma’ruf Amin yakni Projo (Pro Jokowi) adalah sikap kampungan.

Aksi yang dimaksud adalah meneriakkan yel yel dan membawa atribut partai saat mengikuti Deklarasi Damai Pemilu Serentak 2019 di Silang Monumen Nasional (Monas). Padahal sudah ada kesepakatan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak diperbolehkan membawa alat peraga kampanye dan meneriakkan yel yel. Atas aksi tersebut Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memilih walk out.

“Saya tadi ikut mendampingi Pak Prabowo juga. Jadi di depan Pak Prabowo itu, (Projo) sambil teriak-teriak, saya kira kampungan-lah. Tidak sesuai apa yang direncanakan KPU,” kata Fadli Zon di gedung Smesco, Jakarta, Minggu (23/9/2018).

Ia menilai semacam itu seharusnya tidak perlu terjadi dan bisa mencederai demokrasi yang tengah berlangsung. “Menurut saya niat dari suatu acara yang begitu baik agak sedikit ternoda ya. Karena partai politik dan kandidat sepakat bahwa tidak ada atribut partai atau atribut-atribut yang saling mendukung,” ujar dia.

“Ini saya kira satu pelajaran yang buruk dari sebuah komitmen kecil tentang kesepakatan. Jadi kita sangat menyayangkan ada insiden seperti itu,” lanjut dia.

Untuk mengerahkan ribuan pendukung, kata Fadli, adalah hal mudah namun kubu Prabowo-Sandiaga memilih tidak melanggar aturan. Dia juga menyayangkan siap KPU yang dinilai tidak tegas.

“Harusnya KPU lebih tegas yang seperti itu betul-betul disuruh turun, enggak boleh ada bendera-bendera yang waktu kirabnya itu didominasi oleh satu pihak. Jadi kesannya ini curang, yang lain diberitahu tidak boleh bawa atribut tapi yang lain membawa atribut begitu banyak,” tandas dia.

Diberitakan sebelumnya, SBY berserta kedua putranya yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) ikut memeriahkan acara karnaval Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak 2019 dengan mengenakan baju adat.

Namun, baru beberapa meter mengendarai golf car mereka memutuskan untuk walk out dari rombongan karena kecewa banyak pendukung Jokowi-KH. Ma’ruf yang meneriakkan yel yel provokatif. Bahkan membawa atribut partai. (yendhi/yp)

Let's block ads! (Why?)

http://poskotanews.com/2018/09/23/pendukung-jokowi-bikin-sby-walk-out-fadli-zon-kira-kampungan-lah/

No comments:

Post a Comment