Pages

Sunday, September 16, 2018

Pesantren Tua di Banten Ludes Diamuk Api

SERANG – Ratusan tempat tinggal santri Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadul Awamil di Kampung Cangkudu, Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, terbakar, Minggu (16/9/2018). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Kebakaran diduga berawal dari adanya korsleting arus listrik. Percikan api membesar laku menghabiskan bangunan yang terbuat dari bilik dan welit tersebut.

Pada saat kejadian, para santri sedang berada di kamar masing-masing. Begitu melihat api, mereka berhamburan keluar untuk menyelematkan diri. Warga kemudian bahu membahu memadamkan api yang kian membesar. Namun karena bangunan hanya terbuat dari anyaman bilik, api dengan cepat melalap habis.

Oni Syahroni, pengasuh pesantren, kebakaran mengakibatkan 241 kamar ludes terbakar. Walau demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. “Awalnya justru kurang tahu, api tiba-tiba sudah di atas kobong,” ujarnya kepada wartawan di lokasi kejadian.

Ia mengatakan tidak ada satu pun barang-barang yang selamat dalam kebakaran itu. Bahkan semua kitab yang selama ini telah digunakan untuk belajar pun turut ludes terbakar.

Oni menuturkan, walau api telah melalap habis bangunan pesantren namun dipastikan kegiatan belajar mengajar tidak akan terhenti. Alasannya masih ada beberapa bangunan lain yang bisa dijadikan tempat untuk belajar. “Enggak berhenti, masih ada majelis ta’lim soalnya,” katanya.

Ia mengatakan, pesantren yang terbakar ini merupakan salah satu pondok tertua di Banten. Oleh karena itu, ia berharap pesantren ini bisa segera mendapatkan bantuan dan bisa berdiri kembali. Tujuannya, kegiatan belajar mengajar bisa berjalan seperti biasa. “Sekitar Tahun 1800 dibangunnya,” ucapnya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma mengatakan, selain kobong yang turut terbakar, dalam peristiwa itu ada dua unit sepeda motor.

“Sebanyak 12 komplek kondisinya rusak berat. Satu unit majelis rusak sedang, rumah pemilik rusak ringan dan semua perlengkapan pribadi santri hangus,” ujarnya. (haryono/yp)

Let's block ads! (Why?)

http://poskotanews.com/2018/09/16/pesantren-tua-di-banten-ludes-diamuk-api/

No comments:

Post a Comment