Pages

Saturday, September 22, 2018

Minggu Pagi KPU Gelar Kampanye Damai di Monas

JAKARTA – Mulai hari ini (Minggu, 23/9) kampanye Pemilu 2019 dimulai. Masa kampanye akan berlangsung sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Kegiatan ini akan dimulai penyelenggaraan kampanye damai yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU melakukan deklarasi kampanye damai di Silang Monas, Minggu (23/9/2018). Adapun ini akan diikuti seluruh peserta Pemilu 2019. Ini mengalami pembukaan awal masa kampanye.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan, mengatakan, kegiatan diawali dengan karnaval jalan kaki sekitar 3 Km. “Besok (hari ini) kegiatan akan direncanakan diisi dengan karnaval jalan kaki sekitar 3 Km, yang akan dimulai Pukul 07:00 WIB, rutenya di sekitar Silang Monas,” ucap Wahyu di kantornya, Jakarta, Sabtu (22/9/2018).

Dia menegaskan, ada pembatasan untuk peserta Pemilu, yakni berjumlah 100 orang. Jadi nanti, para peserta karnaval akan menggunakan pakaian nusantara.

Kampanye peserta Pemilu yang akan mengikuti kampanye adalah dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres), para calon anggota legislatif (caleg) DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota dan calon anggota DPD (Dewan Perwakilan Daera).

JENIS KAMPANYE

Selama masa kampanye, peserta pemilu boleh melakukan berbagai jenis kegiatan kampanye seperti pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, pemasangan alat peraga kampanye, pemberian bahan kampanye dan kampanye di media sosial. Selain itu, ada pula debat publik bagi pasangan capres-cawapres yang termasuk salah satu bagian dari kampanye.

Sebelumnya, KPU resmi menetapkan nomor urut bagi pasangan capres-cawapres peserta Pemilu 2019. Pasangan capres-cawapres Joko Widodo- Ma’ruf Amin mendapatkan nomor urut 01, sementara pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno mendapatkan nomor urut 02.
PU pun sudah menetapkan sebanyak 7.968 caleg DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota sebagai peserta Pemilu 2019. Selain itu, sebanyak 807 calon anggota DPD pun sudah masuk dalam daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2019.

Wahyu Setiawan, mengatakan kampanye Pemilu 2019 resmi dimulai pada Ahad (23/9). KPU mengimbau peserta pemilu dan masyarakat sama-sama menjaga ketertiban selama masa kampanye.

“Peserta pemilu 2019 tidak melakukan hal apapun yang dilarang dalam berkampanye. Untuk itu, peserta pemilu memanafaatkan waktu kampanye dengan menyampaikan visi dan misi yang diusung kepada masyarakat untuk meraih dukungan,” kata Wahyu.
Ketua Komisioner KPU Arief Budiman berharap kampanyelah dengan damai. “Kampanye dengan aman, jangan saling menghujat dan jangan saling menghina, tapi tampilkan program visi misi anda untuk mendapatkan keyakinan masyarakat akan memilih anda,” kata Arief di Kantor KPU RI, Menteng, Sabtu (22/9).

Arief mengatakan subtansi dari kampanye adalah meraih dukungan. Namun itu diraih dengan cara mensosialisasikan berbagai janji politik yang akan direalisasikan ketika terpilih nantinya. “Prinsip kampanye menyampaikan visi misi program dan meyakinkan orang untuk memilih Anda,” kata Arief.

DANA KAMPANYE

Tim capres cawapres Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin melaporkan dana awal kampanye sebesar Rp11,9 miliar. Dana itu tersimpan dalam rekening yang baru dibuka pada 20 September 2018. “Saldo awal per 20 September 2018 sampai 22 September 2018 tercatat total Rp 11,9 miliar,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Gedung KPU Pusat, Menteng, Sabtu (22/9).

Sebelumnya, KPU mengimbau kepada seluruh peserta pemilu untuk menyampaikan laporan awal dana kampanye (LADK) Pemilu 2019. Laporan selambat-lambatnya diserahkan ke KPU tingkatan daerah masing-masing peserta pemilu pada 22 September 2018 atau satu hari sebelum masuk masa kampanye. (rizal/johara/ird)

Let's block ads! (Why?)

http://poskotanews.com/2018/09/22/minggu-pagi-kpu-gelar-kampanye-damai-di-monas/

No comments:

Post a Comment