Pages

Saturday, September 22, 2018

Wakasal Hadiri ISS di Amerika Serikat

JAKARTA – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A. Taufiqoerrochman M., menghadiri 23rd International Seapower Symposium (ISS) bertempat di Naval War College, Newport Rhode Island, USA, Rabu (19/9/2018).

Acara simposium berlangsung 3 hari mulai 19 hingga 21 September 2018 ini diawali dengan opening remarks dari Rear Admiral Jeff Harley (President Naval War College) dan Admiral John M. Richardson (Chief of Naval Operations). Kegiatan simposium dilanjutkan dengan laporan regional dari berbagai perwakilan di antaranya: Commander of the Sri Langka Vice Admiral Ranasinghe, Chief of the Italian Navy Vice Admiral Giradelli, Colombian Navy Vice Admiral Perez, dan Republic of Korean Navy Vice Admiral Kim.

23rd International Seapower Symposium di Naval War College-Newport Rhode Island-USA

Kegiatan simposium hari pertama dibuka dengan dua topik pembahasan yaitu “Evolving Strategies in the New Maritime Security Environment” yang dipaparkan oleh Admiral (Ret) Timothy J. Keating. Sementara itu untuk topik kedua membahas tentang “Defending the Maritime Commons: Safeguarding the free and Open International Order” yang dipaparkan oleh tiga orang panelis dari Australia, India, dan Norwegia.

Hari kedua Wakasal juga mengadakan pertemuan bilateral dengan Commander U.S. Pacific Fleet Admiral John C. Aquilino dan dilanjutkan dengan acara Shipboard Reception. Dalam pertemuan bilateral petinggi US Navy dengan Laksdya TNI A. Taufiq telah membicarakan berbagai kerja sama khususnya kerja sama terkait dengan penanganan pelanggaran hukum dan tindak kriminal di perairan.

(BacaKRI Bima Suci-945 Tiba di Qingdao China)

Seperti diketahui TNI AL telah sarat pengalaman dalam menangani hal tersebut, seperti saat TNI AL berhasil menangkap berbagai kapal buronan internasional Sea silver 2, Huali 8, Viking hingga STS 50/ Andrey dulgov, yang kesemuanya terjadi pada waktu Laksdya TNI A. Taufiq masih menjabat sebagai Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangkoarmabar).

“Indonesia dalam hal ini TNI AL adalah kawan yang selalu dapat diajak kerja sama dan berdialog”, ungkap Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis. Ditambahkan juga oleh Kasal Amerika Serikat “Kita juga perlu belajar dari Indonesia dalam menangani tindak kriminal di wilayah perairan”.

Tidak hanya itu, kegiatan simposium pada hari ketiga juga dibahas tentang “Combating Illicit Networks” (Media Participation Expected)” yang dipaparkan oleh Admiral Christophe Prazuck (French Chief of Naval Staff), Admiral Leal Ferreira (Commander of the Brazilian Navy), VADM. Al-Ghofaily (Commander Royal Saudi Naval Forces) dan Mr. Dean Burger (Interpol).

Pada kegiatan simposium tersebut, turut hadir Wakil Ketua Jalasenastri Ny. Ina Taufiq, Koorsahli Kasal Laksamana Muda TNI Deddy Muhibah P., dan Athan RI Kolonel Mar Sungatijantoro, serta perwakilan kepala staf dari berbagai negara. (dispenal/ys)

Let's block ads! (Why?)

http://poskotanews.com/2018/09/23/wakasal-hadiri-iss-di-amerika-serikat/

No comments:

Post a Comment